***

***

LTSP (Linux Terminal Server Project)

Assalamu'alaikum Wr Wb

Jumpa lagi dengan saya dalam postingan ini
kali ini saya ingin ngeshare artikel about LTSP.


LTSP
LTSP (Linux Terminal Server Project) adalah Sebuah project Linux untuk membuat server Diskless kepada client agar mudah menggunakan berbagai aplikasi yang berjalan di atas nya , server project ini sangat berguna sekali untuk client nya yang tidak membutuhkan hardisk atau pun tidak punya hardisk sama sekali , hanya cukup LAN Boot untuk mengakses OS yang ada pada server nya. Jadi tak perlu repot repot install semua komputer dalam satu jaringan tersebut, Mudah bukan ???

Keunggulan

  1. Bebas biaya lisensi : karena berlisensi GPL (open source). Bandingkan misalnya dengan solusi Windows Terminal Server, atau Citrix, yang bisa dengan mudah menembus angka ribuan atau puluhan ribu dolar.
  2. Fleksibel, mudah di upgrade : saya telah mengalami sendiri bagaimana mudahnya upgrade ke versi terbarunya; cukup install versi terbaru (yang akan terpasang di direktori yang berbeda dari versi sebelumnya), copy file-file konfigurasi yang lama — dan voila, selesai.
  3. Netral : apapun distro Linux yang anda gunakan, hampir bisa dipastikan bahwa LTSP bisa dipasang disitu.
Kelemahan

Tentu saja, tidak ada teknologi yang tidak mempunyai kelemahan. Sejauh ini ada beberapa, seperti penggunaan bandwidth yang agak lebih boros daripada Citrix (diperkirakan max. 50 client di satu segmen network 100 mbps), dan single point of failure di server.
Tapi ini semua bisa diatasi dengan perencanaan yang baik, rutinitas backup data yang dilakukan secara disiplin, dan strategi disaster recovery yang tepat (dimana proses recovery dapat dilakukan dalam hitungan menit saja).

#Sumber http://farahmaniez.blogspot.com/2008/12/ltsp-linux-terminal-server-project.html

Konsep LTSP itu sendiri

Platform Linux yang kian berkembang dan memasyarakat telah terbukti memberikan banyak solusi alternative yang mendorong efisiensi, penghematan biaya dan kemudahan kerja. Sifatnya yang open telah melahirkan berbagai kombinasi baru dibidang teknologi informasi dan dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang mau memanfaatkannya.

Jadi anda dapat bayangkan dengan banyak terminal komputer kita cukup menyediakan satu harddisk.Dengan demikian teknologi Thin Client, kita dapat mengoptimalkan komputer yang lama tidak kita pakai untuk dapat digunakan kembali dengan mode GUI.

Ini adalah mekanisme client-server. Client di-boot menggunakan disket / bootrom yang sudah terpasang kernel Linux. Setelah kernel di-load dalam memory, ia mulai bekerja untuk mencari server yang memiliki DHCP atau Boot Protocol (BOOTP).

Server yang menangkap permintaan client memeriksa terlebih dahulu apakah client tersebut sudah terdaftar sebagai komputer yang boleh masuk. Kalau ya, server me mberikan IP Address kepada client, dan selanjutnya menjalankan XWindow dimana prosesnya terjadi di server namun hasilnya tampak di client.Dilihat dari cara ker janya, sistem ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki dua komputer atau lebih. Dengan kata lain sangat banyak institusi yang bisa memanfaatkan telnologi XTerminal seperti WarNet, perkantoran, penyewaan komputer, atau bagi mereka yang hanya sekedar mencoba untuk menggunakan Linux sebagai sistem operasi sehari-hari.

Seperti kita ketahui dalam suatu jaringan jumlah server lebih sedikit ketimbang client. Sistem XTerminal sendiri bisa dipasang dengan satu server dan beberapa client, sehingga penggunaannya memberikan berbagai keuntungan seperti:

-Spesifikasi komputer untuk client sangat minimal.

-Upgrading hardware dan program menjadi lebih mudah karena hanya terjadi di sebuah komputer server.

Akhirnya dari keseluruhan point diatas diperoleh penghematan biaya serta waktu yang digunakan untuk instalasi dan perawatan sistem.

#sumber http://yptn.blogspot.com/2005/09/konsep-ltsp.html

Topologi 


Jadi Server itu bisa mengendalikan client dengan menggunakan kabel jaringan yang terkoneksi dengan client lewat perantara LAN Switch dan menggunakan boot PXE ke client nya untuk me login OS yang telah di sediakan server .

Server juga dapat mengendalikan nya 
Mulai dari mengirim pesan, Memberikan akses waktu , internet, media media, dan lain sebagai nya
Dapat juga memanfaatkan koneksi DHCP kepada setiap client nya, menyimpan data atau mengsynkronisasi data. 

More Info :
www.ltsp.org
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Membangun_Lab._Komputer_Murah_dengan_Ubuntu_LTSP#Konsep_Dasar_LTSP
http://en.wikipedia.org/wiki/Linux_Terminal_Server_Project
Forum Diskusi Kaskus
Forum Diskusi Linux Mint 

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Previous
Next Post »