***

***

Virtualisasi : Mengenal Virtualisasi dan Kegunaannya

Assalamu'alaikum Wr Wb

Mengenai Virtualisasi ini sangat penting untuk kita ketahui, sebab dibidang perusahaan membutuhkan banyak Sistem Operasi dalam satu ruang lingkup yaitu Server. Lho kan PC server hanya bisa dengan beberapa OS saja dan apakah bisa dari sisi bidang administrasi, IT center, dan lain lainnya menggunakan server yang sama untuk menaruh OS yang berbeda dalam satu server itu ????

Oleh sebab itu dikemukakanlah Virtualization sebagai penemuan untuk mengembangkan dan menjalankan beberapa OS dan hardware yang sama dalam Satu Server.....
Berikut adalah penjelasan tentang Virtualization

Pengertian Virtualisasi

Sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.


Istilah virtualisasi sudah digunakan secara luas sejak 1960-an, dan telah diaplikasikan kepada beberapa aspek komputer—dari keseluruhan sistem komputer sampai sebuah kemampuan atau komponen individu. Secara umum semua teknologi virtualisasi mengacu kepada "menyembunyikan detail teknis" melalui enkapsulasi.
#wikipedia


Istilah virtualisasi perangkat-keras mengacu kepada upaya menciptakan mesin virtual yang bekerja layaknya sebuah komputer lengkap dengan sistem operasi. Istilah mesin tuan-rumah(host) mengacu kepada mesin tempat virtualisasi bersemayam sementara istilah mesin tamu(guest) mengacu kepada virtual mesin itu sendiri. Istilah hypervisor mengacu kepada perangkat-lunak atau firmware yang membuat mesin virtual.

Sejarah Virtualization

Dimulai pada  pertengahan  1960an saat IBM mengembangkan CP-40 (versi pertama dari CP/CMS) yang mulai digunakan kalangan industry pada  January 1967. Tahun 70an menandakan era penggunaan mainframe. Dimana mainframe  dibuat menjadi beberapa partisi virtual machine untuk memungkinkan dijalankannya multitasking. Dengan mahalnya biaya yang diperlukan untuk mainframe, virtualisasi dimaksudkan untuk memberikan hasil maksimal pada investasi yang telah dikeluarkan.


Pada tahun 1985 Lotus Coputing Corporation berkerja-sama dengan AT&T mengeluarkan Intel 80286 sebuah virtual machine monitor. Era 90 terjadi pergeseran trend yang cukup signifikan dimana para pengguna computer (khususnya perusahaan yang sedang berkembang)  lebih memilih server secara ter-distribusi daripada menjalankan virtualisasi di mainframe, tentunya ini dilakukan dengan pertimbangan biaya ditambah makin tersedianya computer dengan harga yang lebih terjangkau. Tetapi teknologi virtual tetap dikembangkan, ini dibuktikan dengan diluncurkannya VMware pada tahun 1999. Pada era ini juga lah desktop dan server x86 mengukuhkan posisinya sebagai standart server di dunia industry.


Juni 2001 Connectix mengeluarkan versi pertama dari Virtual PC untuk windows, diikuti VMWare meluncurkan produk virtualisasi untuk server x86 sebulan sesudahnya (juli). Pada Februari 2003 microsoft meluncurkan salah satu produk virtualisasinya: Microsoft virtual server. Dan  November 2003 Microsoft melakukan gebrakan dengan meluncurkan Microsoft Virtual PC, dimana telah menggunakan teknologi virtualisasi di level mesin.

Jenis Virtualisasi 

  • VMWare
Sebuah perusahaan perangkat lunak virtualisasi Amerika Serikat. VMware, Inc. merupakan pemegang pangsa pasar untuk perangkat lunak virtualisasi. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1998 dan berpusat di Palo Alto, California.

Sebuah perangkat lunak mesin virtual untuk arsitektur komputer x86 dan x86-64 dari VMware, sebuah bagian dari EMC Corporation. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat banyak x86 dan x86-64 komputer virtual dan digunakan secara simultan dengan sistem operasi yang digunakan. Setiap mesin virtual tersebut bisa menjalankan sistem operasi yang dipilih, seperti Windows, Linux, varian BSD dan lain sebagainya. Dalam arti yang sederhana, VMware workstation bisa menjalankan banyak sistem operasi secara simulatan dengan menggunakan satu fisik mesin. http://www.vmware.com/
  • OpenVZ
Virtualisasi pada tingkat OS (Operating System) yang berbasis pada kernel Linux yang telah dimodifikasi yang memungkinkan sebuah server fisik untuk menjalankan beberapa instances yang disebut containers, virtual private server (VPS), atau Virtual Environments (VE). Istilah yang lebih umum digunakan adalah container. Container sering dianalogikan dengan chroot atau jail, tetapi container jauh lebih baik dalam hal isolasi, kemananan, fungsionalitas, dan manajemen resources.

OpenVZ terdiri dari sebuah kernel Linux khusus dan beberapa user-level tool. OpenVZ sangat portabel, tidak mengandalkan dukungan VT pada CPU, sehingga tersedia untuk sejumlah type CPU termasuk x86, x86-64, IA-64, PowerPC dan SPARC. https://openvz.org/
  • Microsoft Hyper V 
Sebuah role yang ada di Windows Server 2008 R2. Menyediakan tools dan services yang bisa digunakan untuk membuat sebuah server virtualisasi. Virtualisasi ini bisa digunakan bermacam-macam pencapain bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi pengeluaran. Virtualisasi ini sangat bermanfaat karena kita bisa membuat dan memanagement virtual machines, dimana kita bisa menjalankan banyak sistem operasi pada satu komputer dan menutup sistem operasi tersebut dengan yang lainnya.

Hyper-V disebut virtualisasi berbasis Hypervisor. Hypervisor bisa disebut perangkat lunak atau firmware yang membuat mesin virtual.https://technet.microsoft.com/ https://www.microsoft.com/
  • Proxmox VE
Solusi Open Source virtualisasi manajemen server yang lengkap. Hal ini didasarkan pada virtualisasi KVM dan virtualisasi berbasis kontainer dan mengelola mesin virtual, penyimpanan, jaringan virtual, dan HA Clustering.

Fitur enterprise kelas dan interface web yang intuitif dirancang untuk membantu Anda meningkatkan penggunaan sumber daya yang ada dan mengurangi biaya hardware dan peng-administrasian waktu - dalam bisnis serta digunakan di rumah.https://www.proxmox.com/
  • KVM
Salah satu teknologi virtualisasi (hypervisor) yang dikembangkan oleh Linux. KVM merupakan sebuah solusi untuk melakukan virtualisasi pada Linux dengan perangkat keras type x86 (64-bit).

KVM diimplementasikan sebagai modul kernel loadable yang mengubah kernel Linux menjadi bare metal hypervisor. Ada dua prinsip desain utama yang diadopsi oleh KVM dengan tujuan agar KVM menjadi hypervisor dengan kinerja tinggi dan melampaui open source hypervisors lainnya.http://www.linux-kvm.org/
  • Xen Server
Server virtualization platform dari citrix, untuk mengoptimalkan Windows dan linux virtual server, dimana semuanya memerlukan kemampuan membuat dan manage sebuah virtual infrastructure.

Xen adalah open source virtual machine manager & monitor, dikembangkan di University of Cambridge. Dibuat dengan tujuan untuk menjalankan sampai dengan seratus sistem operasi ber-fitur penuh ( full featured OSs) di hanya satu komputer. Virtualisasi Xen menggunakan teknologi paravirtualisasi menyediakan isolasi yang aman, pengatur sumberdaya, garansi untuk quality-of-services dan live migration untuk sebuah mesin virtual.

Untuk menjalankan Xen, sistem operasi dasar harus dimodifikasi secara khusus untuk kebutuhan tersendiri dan dengan cara ini dicapai kinerja virtualisasi sangat tinggi tanpa hardware khusus.

XenServer jalan langsung di hardware server tanpa memerlukan sistem operasi.
XenServer bekerja di element-element yang sederhana dari physical Machine (seperti hard drives, resources and ports) dan mengalokasikan ke virtual machines (VMs) yang sedang berjalan.
XenCenter bisa manage XenServer hosts, pools dan shared storage dan deploy, manage dan monitor Virtual Machines dari Windows Desktop Machine.http://xenserver.org/
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
October 25, 2018 at 2:02 PM ×

Wah nice info sekali tulisannya, kebetulan saya sedang ingin belajar lebih detail terkait teknologi virtualisasi ini, dan tulisan ini sangat membantu sekali. Jika saya ingin mempelajari lebih dalam lagi untuk teknologi virtualisasi dan perbedaan architectur dari setiap jenis virtualisasi, apakah ada rekomendasi buku-buku apa saja yang bisa jadi refenrensi untuk saya mempelajari semuanya?

Reply
avatar
July 5, 2019 at 3:32 PM ×

siap min, makasih banyak sudah share
solder temperatur

Reply
avatar