***

***

Cara Cloning SLES 11 di VirtualBox

Assalamu'alaikum Wr Wb

Hai Sobat Blogger ,,, jangan bosen bosen yaa mampir ke Blog saya hehheeh,,,,,
Kali ini saya akan menggandakan OS SuSe Linux Enterprise Server ... Tetapi kok tidak bisa di clone yaa di virtualBox??? kenapa???
Jangan khawatir....
Di sini saya akan memberikan ulasan materi yang saya buat tutorial seperti di bawah ini
Coba kita clone terlebih dahulu OS SLES kita seperti pada gambar berikut...


Centang pada text box berikut, text box ini sangat penting lhooo fungsi nya ,, ya jadi di centang aja....


Pilih Full clone untuk menggandakan secara keseluruhan


Tunggu hingga selesai


Jika sudah ,,
Jalankan OS SLES nya
Maka akan terlihat troubleshooting seperti dibawah ini....
Waktu saya mengalami masalah ini , saya lebih baik melakukan install ulang lagi heheheh
Trus saya cari penyebab nya dan akhirnya ketemu deh,,,, jadi sekarang bisa di clone #SekilasCerita


Matikan OS SLES nya yang sedang berjalan dan hapus clone yang sudah di clone yaaa
setelah itu jalankan OS SLES Master nya (OS mentahan)
Lalu masuk ke terminal
dan ketikkan perintah "vi /etc/fstab"
Maka disini tertulis data vbox hardisk virtualbox


Maka kita ganti dengan sda (hardisk SuSe). Ini berpengaruh lhooo , makanya harus diganti dengan bawaan dari si SuSe nya seperti berikut, jangan lupa di save dengan perintah esc | :wq


Lalu beralih ke perintah berikut nya yaitu
"vi /boot/grub/menu.lst"
Ganti syntax berikut


Seperti ini dan jangan lupa save.


Lalu matikan OS SLES Master nya
Cloning lagi OS SLES tersebut
Mudah mudahan bisa...
berikut adalah bukti nyata telah di clone SLES nya hehehhe :D


Sekian tutorial dari Saya
Wassalamu'alaikum Wr Wb
Previous
Next Post »