***

***

Virtualisasi : Membuat Virtual Machine VMWare Hypervisor dengan vShpere Client (Nested)

Assalamu'alaikum Wr Wb

Hello Everybody.......
Welcome back to my blog :D
Kali ini saya akan lanjut ke postingan berikut nya
Alhamdulillah Udah banyak postingan nih......
Saya akan membagikan pembahasan seputar virtualisasi VMware .inc
Kita simak baik baik......

Penjelasan VMware vSphere

VMware vSphere adalah sebuah platform virtualisasi yang digunakan sebagai platform virtualisasi berbagai macam piranti khususnya yang terkait dengan piranti server. Virtualisasi di sini artinya bahwa sebuah piranti fisik, yang biasa kita lihat sebagai bentuk sebuah PC atau yang terkait dengannya, dapat dipecah menjadi beberapa piranti virtual yang masing-masing berdiri sendiri dan mempunyai fungsionalitasnya masing-masing. Tentu saja tidak semua perangkat PC dapat diberikan perlakuan semacam ini. Hanya perangkat-perangkat khusus seperti Server yang dapat dilakukan perlakukan semacam ini, dengan hasil yang baik.

Tutorial 

Pertama tama saya masuk ke VMware vSphere dengan menggunakan VMware vSphere Client seperti berikut ini


Lalu kita buat terlebih dahulu pada folder VM kalian


Kemudian kita buat New Virtual Machine......


Pilih Typical


Isi nam yang gampang di inget ya gan....


Berikut ini saya memakai host / cluster yang ada.... Hmmm.... saya membuat VM nya di storage synology pak bos :D karena saya prakerin di PT Excellent Infotama Kreasindo jadi saya pake host dan storage yang ada di sana hehehe


Berikut ini tempat penyimpanan VM anda gan....
Sesuai dengan storage yang kalian pakai yaa


Karena saya disini ingin membuat Virtual Machine VMware EXSi Hypervisor yaa jadi saya pilih other,, karena di guest OS windows dan Linux gak ada.... udah pernah nyoba soalnya,, pernah ane salah milih ginian jadi berabe ke depan nya pengen ngakak sendiri gan bawaan nya cuma hal sepele kayak gini :D


Berikut ini kalian mau pakai Network adapter apa?
terserah kalian aja dan yang tersedia pada VMware vSphere anda ya...


Saya masukkan Virtual disk space sebesar 50 GB
dan pada pilihan ini saya memilih Thin Provision karena pemakaian nya simple dan tidak memakan terlalu banyak provisi


Lalu centang Edit the virtual machine settings before completion
Continue


Hapus Floppy disk...
karena floppy disk sedang tidak saya butuhkan


Lalu Masukkan CD / DVD VMware EXSi Hypervisor pada data store yang ada seperti berikut
ceklist Connect at power on


Pada CPU saya memasangkan virtual socket sebanyak 2 untuk pemasangan ini


Jika sudah ikut pada gambar berikut


Lalu Ini dia tampilan EXSi nya atau VMware vSphere Hypervisor EXSi
Jika agan agan ingin melanjutkan instalasi berikut
Saya sudah pernah posting materi tentang Instalasi VMware vSphere Hypervisor 6.0


Sekian dan terima kasih
Tunggu pada posting berikut nya ya
Wassalamu'alaikum Wr Wb
Previous
Next Post »